Cara Pasang Iklan di Google Ads

Google merupakan mesin pencari terbesar dan digunakan oleh 96% pengguna internet di Indonesia. Sehingga banyak pemilik web bisnis yang mencari cara pasang iklan di Google Ads. Karena mereka yakin bahwa ketika web mereka bisa muncul di halaman 1 Google maka peluang terjadinya transaksi sangat tinggi.

Cara pasang iklan di Google Ads yang paling mudah adalah dengan menggunakan layanan jasa adwords. jasa iklan google ads. Karena dengan menggunakan layanan jasa adwords maka anda tidak perlu pusing memikirkan hal-hal teknis yang ada di dashboard Google ads. Sehingga anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan managemen bisnis anda. Atau jika anda ingin mempelajari google ads, silahkan fahami apa itu google ads. Google ads adalah.

Persiapan Pasang Iklan di Google Ads

1. Menyiapkan Web Bisnis Anda

Untuk beriklan di google anda membutuhkan sebuah URL landing page atau web bisnis yang akan anda gunakan sebagai sales latter dari bisnis anda. Sehingga ketika ada orang yang mengunjungi web anda maka ia bisa tertarik dengan copy writing yang ada di dalam web tersebut. Jika anda belum mempunyai website maka anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website terbaik untuk web perusahaan anda.

2. Menyiapkan Anggaran Beriklan

Anggaran beriklan di Google sangatlah flexible dan bisa anda sesuaikan dengan besar kecilnya omset bisnis anda. Semakin besar biaya iklan maka akan semakin berpeluang mendapatkan banyak pengunjung web atau telepon dari calon pelanggan baru. Pastikan penawaran produk dan layanan anda bisa menarik pengunjung web, sehingga mereka mau melakukan transaksi dengan bisnis anda.

Panduan Membuat Iklan di Google Ads

Berikut cara pasang iklan di Google Ads:

1. Registrasi Google Ads

Setelah mengetahui apa itu Google AdWords, kini saatnya anda mempraktekkan bagaimana cara menggunakan Google AdWords untuk menampilkan iklan produk atau jasa. Langkah pertama yaitu dengan membuka situs Google AdWords atau Google Ads di mesin pencarian Google. Pastikan anda memiliki akses internet memadai.

Kemudian, cara menggunakan Google AdWords berikutnya yaitu membuat akun di Google. Mungkin anda sudah memiliki akun Google pribadi, namun untuk menghindari inbox terlalu penuh dari pesan Google Ads tak ada salahnya anda membuat akun khusus. Dengan akun tersendiri, pengelolaan iklan di Google AdWords lebih mudah.

Lengkapi semua data yang diminta di halaman registrasi. Nantinya, dengan akun inilah anda akan mengelola iklan produk atau jasa yang menggunakan layanan Google AdWords. Oleh sebab itu, catat baik-baik nama akun maupun password akun anda. Hal ini bertujuan untuk kelancaran pengelolaan di Google Adwords.

2. Menentukan Goal (Tujuan)

Setelah sukses membuat akun, cara menggunakan Google AdWords selanjutnya yaitu memilih goal. Layanan Google AdWords memberikan tiga pilihan goal yang bisa anda pilih. Tentukan goal yang paling sesuai dengan bisnis anda dari tiga pilihan tadi,  yaitu mendatangkan customer melalui telepon, kunjungan toko fisik, atau aktivitas di website.

Pilihan goal pertama yaitu menghubungi anda via saluran telepon (call your business). Goal ini sangat cocok untuk anda yang aktivitas dan transaksi bisnisnya banyak melalui saluran telepon. Misalnya perusahaan konsultan dimana klien akan banyak berbicara via telepon. Maka goal call your business adalah pilihan tepat.

Cara menggunakan Google AdWords dengan memilih goal kedua (visit your storefront) cocok bagi bisnis yang mengutamakan kunjungan ke toko fisik. Misalnya bisnis berupa coffee shop, restoran, galeri seni, atau jenis usaha lain yang memerlukan kedatangan klien/customer ke toko. Maka, anda dapat memilih goal visit your storefront.

Goal ketiga adalah take an action on your website. Pilihan ini cocok untuk bisnis yang aktivitas dan transaksinya banyak melalui website perusahaan. Iklan dengan goal ini akan mendatangkan banyak konsumen yang mengujungi website anda. Intinya, menentukan goal merupakan salah satu kunci cara menggunakan Google AdWords.

3. Menentukan Target Jangkauan

Salah satu keuntungan cara menggunakan Google Adwords adalah anda dapat mengatur jangkauan lokasi untuk promosi produk. Sesuaikan target customer dengan memilih wilayah mana saja yang ingin anda jangkau. Sebelum menentukan jangkauan, sebaiknya anda melakukan analisis mendalam terlebih dahulu kemana produk akan anda iklankan sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan.

Anda dapat memanfaatkan tool bantuan untuk mengetahui wilayah mana saja yang memiliki antusiasme tinggi terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Kalau sudah mendapatkan data kuat, anda dapat menentukan target jangkauan dengan lebih terukur, dan bukan hanya berdasarkan langkah spekulasi belaka.

Cara menggunakan Google AdWords berikutnya adalah anda dapat memilih jangkauan lokasi secara luas. Google AdWords memungkinkan iklan anda beredar untuk pencarian di seluruh Indonesia bahkan hingga luar negeri. Anda juga bisa menembak target iklan dengan jangkauan yang lebih sempit seperti kota-kota atau provinsi tertentu.

4. Membuat Iklan Secara Terstruktur

Cara menggunakan Google AdWords berikutnya yaitu menentukan jenis atau kategori produk bisnis anda. Langkah ini dilakukan agar Google dapat menyasar target audience iklan anda secara tepat. Oleh sebab itu, langkah ini terbilang penting saat anda memutuskan hendak memasang iklan lewat Google AdWords.

Misalnya jenis usaha anda adalah seputar layanan perjalanan (travel) dan wisata. Jika pengguna Google memasukkan kata kunci yang relevan dengan dunia pariwisata, maka Google akan memunculkan iklan anda. Tentunya anda harus menginput jenis kategori bisnis secara tepat agar target yang anda tuju tepat sasaran.

Cara menggunakan Google AdWords setelah memilih kategori yang tepat yaitu membuat copywriting iklan. Membuat copywriting iklan memerlukan teknik khusus dan tak boleh anda lakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan jumlah karakter yang anda gunakan dalam headline maupun isi copywriting iklan sangat dibatasi Google.

Setidaknya anda wajib menerapkan teknik copywriting yang tepat untuk membuat iklan produk. Tak hanya menarik, namun copywriting iklan juga harus merepresentasikan keseluruhan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Cara menggunakan Google AdWords terutama untuk copywriting iklan harus anda buat dengan cermat oleh sumber daya professional.

Jangan biarkan keterbatasan karakter membatasi isi copywriting iklan anda. Buatlah copywriting iklan yang tak sekedar menarik tapi juga jelas dan padat. Bedakan antara highlight dan isi copywriting iklan. Keduanya harus saling melengkapi agar tujuan iklan tercapai dengan maksimal. Anda juga patut mempertimbangkan input gambar.

Baik itu foto produk atau logo perusahaan. Pilihlah gambar-gambar terbaik yang mewakili bisnis Anda. Akan tetapi Anda tidak diharuskan memasukkan foto karena ini sifatnya hanya opsional. Namun anda harus memikirkan potensi lebih besar jika memasukkan gambar.

5. Menentukan Budget Iklan

Cara menggunakan Google AdWords, anda tak perlu khawatir mengenai budget iklan. Selama ini banyak anggapan beriklan di Google harus menyiapkan dana besar. Kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Meski demikian, anda tetap perlu menyiapkan budget khusus karena Google AdWords sifatnya berbayar alias tidak gratis.

Biaya iklan di Google dihitung berdasarkan jumlah klik (pay per click). Artinya pengiklan hanya membayar sejumlah klik audience. Jadi, kalau iklan tersebut tidak diklik, hal itu tidak masuk dalam hitungan jumlah nominal yang harus anda bayarkan. Cara menggunakan Google AdWords ini memungkinkan pengiklan untuk menghemat biaya.

Google memberi kebebasan bagi pengiklan untuk menentukan besaran budget. Jadi, anda dapat menyesuaikan biaya dengan budget yang tersedia. Anda bisa menentukan sendiri estimasi biaya untuk iklan, jadi tak perlu khawatir akan menguras kas bisnis. Biaya cara menggunakan Google AdWords termasuk yang ramah untuk para pebisnis.

Untuk pebisnis pemula, sebaiknya tentukan estimasi budget dengan jumlah terkecil. Anda bisa memantau dan mengevaluasi apakah iklan berdampak positif bagi performa bisnis atau sebaliknya. Jika menunjukkan hasil yang baik, anda dapat menambah jumlah biaya untuk iklan secara bertahap.

6. Melakukan Pembayaran

Setelah anda melakukan pendaftaran iklan google ads, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran iklan. Sehingga iklan dapat ditayangkan oleh Google di semua jaringan Google dan Google partner. Google memberikan beragam pilihan metode pembayaran bagi para pengiklan. Ini memudahkan pengiklan agar transaksi tetap berjalan dengan lancar dan mudah.

Metode pembayaran yang bisa anda pilih antara lain dengan kartu kredit maupun kartu debit. Cara pembayarannya terbilang mudah. Biasanya orang-orang terkendala jika harus memakai kartu kredit. Namun anda tak perlu khawatir karena metode pembayaran melalui kartu debit juga bisa anda lakukan.

Anda juga dapat melakukan transfer bank. Metode ini merupakan pilihan pembayaran yang simple dan mudah. Semua orang dapat memasang iklan di Google tanpa kendala yang berarti. Dengan demikian, siapa pun dapat mendapatkan manfaat dari layanan Google AdWords.

Jadi, memasang iklan kini bisa semakin cepat dan efektif yaitu menggunakan layanan milik Google berupa Google AdWords. Layanan ini memungkinkan anda memperluas target audience melalui mesin pencari Google maupun website di jaringan Google. Cara menggunakan Google AdWords patut anda pelajari sebelum memasang iklan. Jika anda masih bingung maka anda dapat menggunakan layanan jasa adwords terbaik untuk mempromosikan bisnis dan usaha anda.

7. Mengecek Penayangan Iklan

Setelah memilih metode pembayaran dan melakukan transfer, anda perlu melakukan pengecekan apakah iklan berhasil ditampilkan atau tidak. Untuk mengecek apakah cara beriklan di Google Ads yang anda praktekkan sudah berhasil, silakan masuk ke akun Google Ads dan memeriksa bagian dashboard.

Di dashboard akun, anda akan menemukan beberapa menu, salah satunya menu Iklan dan Ekstensi. Klik menu tersebut untuk mengetahui status iklan anda. Terdapat tiga status iklan yang perlu anda pahami, yaitu iklan dalam peninjauan, ikan disetujui, dan iklan ditolak.

Ada kemungkinan iklan anda ditolak oleh Google. Jadi pahami jenis-jenis iklan yang tidak diperbolehkan agar cara beriklan di Google Ads anda disetujui. Pastikan pula bahwa anda telah memiliki saldo iklan di akun Google Ads. Iklan anda hanya akan ditayangkan jika saldo yang anda transferkan sudah masuk.

Masuknya saldo bergantung dengan metode pembayaran yang anda pilih. Jika meggunakan kartu kredit, saldo akan masuk secara otomatis jadi iklan dapat tayang lebih cepat. Namun jika Anda memilih metode pembayaran transfer, diperlukan waktu sekitar 2-5 hari agar saldo masuk. Cara beriklan di Google Ads ini perlu diperhatikan.

Demikian panduan lengkap cara pemasangan iklan di Google Ads untuk mempromosikan web bisnis dan usaha anda. Pastikan web bisnis anda selalu muncul di pencarian Google sehingga peluang kesuksesan akan semakin besar.

error: Content is protected !!