Keuntungan Online Marketing

Online marketing sebagai cara pemasaran produk kini tidak bisa dihindari oleh pelaku usaha. Kalau kamu punya usaha kecil-kecilan, wajib hukumnya untuk di-online-kan. Dan jika kamu berani-beraninya melanggar hukum ini, sudah dapat dipastikan bahwa usahamu bakal kalah saing.

Data dari HootSuite menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia pada awal tahun ini mencapai 73 persen dari jumlah penduduk saat ini 274,9 juta. Itu berarti sebanyak 202,6 juta orang di negeri seribu pulau ini aktif online. Jadi, bisa dibayangkan betapa besar pasar yang bisa kamu jaring dengan online marketing.

Atas dasar itulah, tidak ada alasan buat kamu pelaku usaha untuk tidak memulai cara pemasaran produk secara online ini sebab keuntungan online marketing ada tujuh, nih. Berikut adalah tujuh keuntungannya:

1. Hemat Biaya

Tentu saja, cara pemasaran produk dengan metode ini bakal memangkas biaya pemasaranmu sampai berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan melakukan pemasaran offline dari pintu ke pintu. Kamu tidak perlu panas-panasan, tidak keluar duit bensin, dan tidak kena penolakan mentah-mentah oleh pelanggan yang kadang bisa bikin mental jadi down.

2. Jangkauan Luas

Sudah hemat biaya, jangkauannya luas pula. Soalnya kita sedang berbicara soal internet, bukan Walky Talky yang penggunaannya terbatas oleh jarak. Katakanlah produk usahamu kamu unggah di media sosial atau web, target marketmu mungkin cuma beberapa orang tertentu, tetapi berapa jumlah beberapa orang tertentu itu di seluruh Indonesia dan mereka semua melihat unggahanmu.

3. Mudah

Ini adalah keuntungan online marketing yang paling dominan. Meskipun anak TK tidak bisa melakukannya, tetapi pemasaran online ini mudah sekali dikerjakan dengan ponsel pintarmu.

4. Mengikat Pelanggan

Pelanggan akan gampang terkesan dengan pelayanan yang memuaskan mereka. Dan pelayanan tentu saja tidak melulu soal produk yang kamu tawarkan, tetapi komunikasi yang terbangun antara kamu sebagai pelaku usaha dengan pelanggan. Balas setiap pesan mereka yang masuk dengan kata-kata yang enak, dengarkan komplain mereka sebagaimana kamu mendengarkan masukan dan saran dari orang-orang yang kamu percaya.

5. Menambah Skill

Ini adalah momen yang tepat jika kamu punya usaha sendiri dan berniat melakukan pemasaran online sendiri. Kamu mungkin bakal belajar banyak dari video-video Youtube atau bahkan dari buku, dan tanpa kamu sadari kamu telah mengembangkan skil baru yang sesungguhnya juga sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

6. Bebas Pilih Platform

Kamu bisa taruh produkmu di mana saja. Cara pemasaran produk di Instagram, Shopee, Tokopedia, di Facebook atau bahkan di Twitter juga cukup mudah pengoperasiannya. Pokoknya, tinggal pilih platform yang menurutmu paling enak buat usahamu.

7. Bebas Berkreasi

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, kamu harus kreatif dalam mengaplikasikan cara pemasaran produk online ini. Bikin video lucu dengan produkmu lalu unggah di TikTok, misalnya.

Itulah tujuh keuntungan online marketing yang semoga saja dapat menjadi pertimbangan buat kamu untuk segera merealisasikan pemasaran lewat jalur internet dan media sosial.

error: Content is protected !!