Google Ads (Adwords)

Apa itu google ads? apa itu google adwords? Sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang yang pertama kali ingin melakukan promosi secara online di internet. Simak penjelasan lengkap tentang google ads berikut ini!

1. Pengertian Google Ads

Apa itu google adwords? Google adwords atau sekarang kita mengenalnya sebagai google ads adalah platform periklanan online yang google sediakan untuk para pengusaha yang ingin beriklan di google dan seluruh jaringan mitra google.

Memasang iklan melalui Google AdWords memang dikenakan biaya. Namun dana yang dikeluarkan untuk iklan hasilnya akan sebanding dengan feedback yang anda peroleh. Google menerapkan sistem pay per click (PPC) yang artinya pengiklan hanya akan dibebankan biaya tertentu saat iklan yang dipasang diklik oleh seseorang.

Dari paparan makna dan pengertian google adwords di atas, apakah bisnis anda sudah menggunakannya? Jika belum, segera konsultasikan kebutuhan promosi anda di google dengan menggunakan layanan jasa google ads profesional. Sehingga website bisnis anda bisa muncul di halaman 1 hasil pencarian Google dan juga jaringan periklanan Google. Karena dengan menggunakan jasa iklan google adwords maka jangkauan bisnis anda akan semakin luas di internet. Hubungi jasa iklan google ads sekarang. jasa adwords.

2. Manfaat & Keuntungan Google Ads

Terdapat banyak manfaat dan keuntungan Google Adwords dalam pengembangan bisnis dan usaha. Karena bisnis apapun yang anda promosikan di Google akan dilihat oleh orang yang tepat. Karena google merupakan pemberi solusi dan jawaban dari setiap pertanyaan pengguna google. Kata kunci apapun yang anda masukkan dalam kotak pencarian, pasti google memberikan jawaban yang relevan. Oleh karena itu promosi di Google merupakan investasi terbaik untuk bisnis anda.

Berikut manfaat dan keuntungan Google Adwords untuk bisnis anda:

2.1. Traffic Tertarget

Hal utama yang membedakan manfaat dan keuntungan google adwords dengan layanan iklan media lainnya adalah traffic yang tertarget. Karena google adwords memberikan kebebasan penggunaan kata kunci komersial tanpa batas. Sehingga web bisnis anda hanya akan dilihat oleh orang yang benar-benar akan menjadi pelanggan baru anda.

2.2. Website Muncul Di Deretan Teratas

Inilah kelebihan yang paling menonjol dari iklan google adwords dengan tipe penelusuran. Iklan tipe ini disebut juga sebagai iklan pencarian (search ads). Ketika ada orang yang sedang mencari sesuatu di google, maka dalam hitungan detik google akan menampilkan website-website yang menggunakan iklan di deretan paling atas.

Website yang menggunakan google adwords (google ads) bisa langsung muncul di deretan atas hasil pencarian Google. Bayangkan jika web bisnis anda muncul di Google paling atas, otomatis pengunjung web akan meningkat secara drastis. Website yang menggunakan google adwords akan muncul ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci yang telah anda targetkan. Silahkan pelajari posisi iklan menurut penilaian sistem Google Ads.

2.3. CTR Tinggi

CTR merupakan akronim dari Click Through Rate. Yaitu perbandingan antara jumlah klik (kunjungan web) dengan jumlah tampilan web di hasil pencarian Google. Dengan posisi web yang berada di deretan 4 teratas maka secara otomatis akan mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan dengan web yang berada di bawahnya.

2.4. Konversi Tinggi

Konversi transaksi merupakan rasio perbandingan antara jumlah penjualan dengan jumlah pengunjung web. Nilai konversi pada umumnya yang kami anggap bagus berkisar 1% – 2%, artinya kalau nilainya 10% berarti iklan yang anda buat sudah cukup bagus (efektif) karena bisa mendapatkan nilai konversi lebih dari 2%. Namun tentunya tidak semua iklan di Google Ads mendapatkan konversi penjualan 10%, hal ini tergantung dari berbagai macam faktor yang mempengaruhinya.

2.5. Pelanggan Terus Bertambah

Pelanggan merupakan faktor utama yang mempengaruhi keberlangsungan sebuah bisnis. Tanpa pelanggan pasti bisnis akan tutup. Sebesar apapun modal sebuah bisnis, jika tidak mendapatkan pelanggan baru maka pasti lama kelamaan akan tutup. Kabar baiknya kini telah ada layanan promosi online dari Google. Sehingga cukup dengan memanfaatkan google ads maka anda sudah bisa mendapatkan pelanggan baru secara terus menerus.

2.6. Jangkauan Luas

Dengan menggunakan google adwords maka bisnis anda akan menjangkau semua pengguna google dan partner google di seluruh dunia. Dan menariknya pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Itu merupakan sebuah angka yang cukup besar jika anda jadikan sebagai target konsumen bisnis anda.

2.7. Return Of Investment Tinggi

Dengan menggunakan google adwords maka anda akan mendapatkan pelanggan baru secara cepat dan tepat. Sehingga modal promosi anda akan cepat kembali dan juga mendapatkan profit dari pelanggan bisnis anda yang terus bertambah.

2.8. Biaya Terjangkau

Tanpa promosi maka sebuah bisnis akan sulit untuk mendapatkan pelanggan baru. Oleh karena itu wajar jika semua perusahaan berlomba-lomba melakukan promosi besar-besaran untuk mendapatkan pelanggan baru. Untuk pemilik bisnis yang baru merintis biasanya terkendala dengan modal yang terbatas. Kabar baiknya biaya iklan google adwords sangat terjangkau, bisa anda mulai dengan anggaran 100 ribuan per hari. Semakin besar anggaran beriklan, maka akan semakin banyak traffic, dan semakin banyak juga peluang penjualannya.

2.9. Meningkatkan Branding

Dengan sering munculnya web bisnis anda di hasil pencarian Google paling atas, maka secara pelan tapi pasti telah menciptakan brand awareness kepada pengguna Google. Anda sadari atau tidak, web bisnis yang muncul secara berulang-ulang akan teringat secara otomatis oleh orang-orang yang sedang melakukan Googling.

2.10. Memiliki Banyak Pilihan Iklan

Dengan Google Adwords maka anda dapat memilih format iklan yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan format iklan text, gambar, video, atau gabungan dari format-format tersebut. Dan anda bisa memilih untuk menggunakan iklan pencarian (search ads), display, shopping, video, atau aplikasi.

2.11. Hasil Iklan Terukur dan Bisa Langsung Terlihat

Jika anda beriklan dengan metode promosi konvensional, anda tidak tahu berapa banyak orang yang sudah melihat iklan anda. Dan juga kebanyakan mereka yang melihat iklan-iklan di media konvensional tidak langsung melakukan pembelian setelah mereka melihat iklan. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan anda dalam mengukur efektivitas iklan yang telah anda buat.

Namun berbeda halnya jika anda menggunakan media promosi Google Ads. Orang-orang yang membuka dan mencari informasi di Google adalah orang-orang yang dengan sengaja pergi ke Google dan mengetikkan kata kunci di Google.

Artinya mereka sedang butuh dengan apa yang mereka ketikkan di Google. Dan ketika mereka mengklik iklan yang mereka lihat disana, mereka mempunyai keputusan saat itu juga apakah membeli produk yang anda tawarkan atau tidak.

Dari iklan Google Ads tersebut, anda juga mendapatkan laporan berapa kali iklan anda sudah tayang, berapa kali iklan tersebut di klik, dan anda bisa lihat hasil penjualan yang anda dapatkan setiap harinya. Sehingga iklan menjadi terukur dan anda bisa mengambil tindakan selanjutnya.

Jika hasil iklan yang anda dapatkan memberikan hasil penjualan yang sesuai harapan, maka anda bisa teruskan bahkan menambah budget iklan anda. Tapi jika hasil penjualan tidak sesuai dengan harapan, maka anda bisa edit iklannya agar lebih menarik dan lebih tepat sasaran.

2.12. Bebas Mengatur Iklan

Di dalam iklan Google Ads, anda bebas mengatur iklan, mulai dari jam berapa iklan tayang, target ke kota / provinsi mana, berapa budget iklan anda, dan sebagainya. Jadi semuanya sangat fleksibel tergantung kondisi yang anda inginkan.

Bahkan andapun bisa mengedit teks iklan anda meskipun iklan sudah tayang. Misalnya iklan anda mendapatkan respons yang kurang bagus atau sedikit klik. Maka anda bisa mengganti kata-kata pada iklan anda sehingga terlihat lebih menarik dan mampu menarik perhatian para audiens untuk klik iklan anda.

Jadi pengiklan memiliki wewenang penuh untuk mengatur sendiri iklan yang ingin ia tayangkan, tak peduli apakah anda baru beriklan di Google ataupun sudah berpengalaman. Fleksibilitas inilah yang menjadi salah satu keunggulan beriklan di Google Ads.

Manfaat dan keuntungan Google Adwords lainnya adalah adanya fitur pengaturan penayangan iklan. Sehingga iklan bisa tayang sesuai target yang anda inginkan secara tepat. Iklan tidak akan tayang di luar pengaturan iklan yang telah anda tentukan. Pengaturan penayangan iklan bisa anda tentukan berdasarkan keywords, lokasi, platform device, time schedule, gender, usia, pendapatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

2.13. Biaya Sesuai Dengan Jumlah Klik

Dengan melakukan setting bidding secara manual maka biaya per klik bisa dengan mudah anda kendalikan. Sehingga budget iklan akan anda gunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang anda inginkan. Nilai CPC bisa anda buat secara variatif sesuai dengan tingkat persaingan sebuah kata kunci komersial. Semakin prospektif sebuah keywords maka nilai CPCnya juga akan semakin kompetitif.

Media-media periklanan pada umumnya, baik online maupun offline biasanya meminta bayaran di depan. Jadi seringkali hasil yang anda dapatkan tidak sepadan dengan biaya iklan yang anda keluarkan.

Namun berbeda halnya dengan beriklan di Google Ads, karena anda hanya perlu membayar sejumlah klik yang anda dapatkan. Klik artinya ada orang yang klik iklan anda. Dan itu artinya ada orang yang menelusuri halaman penjualan anda (baik berupa blog, website, marketplace, maupun fanspage) dan dia melihat produk/jasa yang anda jual.

Misalnya iklan anda tayang 1000x dan hanya mendapatkan 1 klik, maka anda cukup membayar biaya 1 klik saja. Jadi dengan kata lain, anda baru membayar ke Google jika ada orang yang melihat produk/jasa yang anda tawarkan.

3. Panduan Sukses Iklan Google Ads

Tips Sukses Iklan Google merupakan langkah pertama yang harus anda terapkan oleh siapapun yang ingin mendapatkan konversi terbaik dari iklan di Google. Simak tips sukses iklan google berikut ini!

3.1. Kriteria Landing Page

Landing page merupakan halaman tempat berlabuhnya orang-orang yang melakukan klik dari hasil pencarian di mesin pencari. Landing page bisa berupa website, blog, fans page, dan lain-lain. Bagaimanakah kriteria landing page yang dapat menghasilkan konversi penjualan?

Harus memiliki judul yang menarik.

Isi konten website harus relevan dengan judulnya.

Tampilannya harus mobile friendly dan enak dilihat.

Memiliki konten media yang menarik, baik berupa foto atau pun video.

Kecepatan website yang uptime dan bisa terakses dalam waktu kurang dari 5 detik sehingga mampu mengurangi persentase bounce rate.

Harus mencantumkan manfaat bagi calon pelanggan jika mereka menggunakan jasa atau membeli produk yang ada di web tersebut.

Adanya pengakuan dari pelanggan atau pihak ketiga yang sudah lebih dulu menggunakan jasa atau membeli produk di website tersebut. Pegakuan tersebut merupakan testimoni yang pelanggan berikan secara sukarela dan tanpa adanya unsur keterpaksaan.

Terdapat ajakan untuk melakukan tindakan yang jelas, seperti “Beli Sekarang!”, “Pesan Sekarang!”, “Telepon sekarang!”.

Mempunyai tombol telepon dan whatsapp yang mudah user temukan.

3.2. Penggunaan Kata Kunci Yang Tepat

Setelah landing page anda memenuhi kriteria di atas maka tips sukses iklan google selanjutnya adalah penggunaan kata kunci yang tepat. Dalam penggunaan kata kunci sebaiknya anda sesuaikan dengan produk atau jasa yang akan anda promosikan. Pastikan anda menggunakan kata kunci yang tepat sehingga dapat menghasilkan konversi yang maksimal.

Ada 4 tipe kata kunci yang harus anda pahami, antara lain:

Broad match= pencocokan relevansi kata kunci paling luas.

Broad match modifier= pencocokan kata kunci yang lebih sempit.

Phrase match= pencocokan kata kunci berdasarkan frasa.

Exact match= pencocokan kata kunci secara tepat 100%.

Jika iklan anda menggunakan kata kunci tipe broad atau phrase match maka anda harus menggunakan kata kunci negatif di waktu yang bersamaan. Namun jika anda menggunakan exact match maka anda tidak perlu menggunakan kata kunci negatif. Karena fungsi dari kata kunci negatif adalah untuk mencegah iklan dari penayangan yang kurang relevan pada tipe penayangan luas.

3.3. Penayangan Iklan Pada Platform Yang Tepat

Ada 3 jenis platform penayangan iklan, yaitu desktop, tablet, dan mobile. Pastikan anda melakukan pemilihan platform sesuai dengan target konsumen yang akan anda jangkau. Jika calon customer anda adalah orang-orang yang selalu aktif di depan komputer maka menayangkan iklan pada platform desktop adalah suatu langkah yang tepat.

Namun jika calon pelanggan anda lebih sering menggunakan smartphone maka pilihlah platform mobile atau tablet sebagai media penayangannya.

3.4. Penargetan Calon Konsumen Yang Tepat

Setelah anda menerapkan 3 tips sukses iklan google di atas maka langkah selanjutnya adalah melakukan penargetan calon pelanggan. Pastikan anda telah membidik calon konsumen yang tepat. Penargetan calon pelanggan ini meliputi penargetan gender, usia, dan pendapatan rumah tangga. Pastikan produk atau jasa anda dipromosikan pada orang yang tepat.

3.5. Penargetan Wilayah Penayangan Iklan

Tips sukses iklan google selanjutnya adalah penargetan wilayah penayangan iklan, atau sering disebut dengan penargetan lokasi. Sebelum melakukan promosi pastikan anda telah memahami secara benar dari produk atau jasa yang akan anda iklankan.

Sebagai contoh misalnya anda mempunyai usaha jasa pembuatan website maka lokasi yang tepat untuk penayangan iklan anda adalah di seluruh wilayah Indonesia. Karena para pemilik bisnis ada yang tinggal di perkotaan dan juga pedesaan. Meskipun jumlah pengusaha di pedesaan lebih sedikit jika dibandingkan di perkotaan. Namun mereka tetap berpeluang untuk menjadi pengguna jasa pembuatan website anda. Karena jasa pembuatan website anda dibutuhkan oleh para pebisnis & pengusaha di perkotaan dan pedesaan untuk mengonlinekan bisnis mereka.

3.6. Waktu Penayangan Iklan Yang Tepat

Kapan waktu penayangan iklan yang tepat? Jawabannya adalah sesuaikan dengan jam operasional bisnis anda. Jika anda siap untuk merespon calon konsumen secara full time 24 jam maka penayangan yang tepat adalah 24 jam. Jika bisnis anda hanya buka di hari senin-jum’at maka penayangan iklannya juga bisa anda sesuaikan hanya pada hari senin-jum’at.

Demikianlah penjelasan singkat terkait pertanyaan “apa itu google adwords“. Tentunya Google Ads ini bisa menjadi salah satu alternatif media promosi ketika anda ingin mendapatkan customer yang tepat sasaran dengan biaya yang efektif dan efisien. Silahkan pelajari cara menggunakan google adwords yang baik dan benar. cara pasang iklan di google.

error: Content is protected !!