Strategi Promosi Produk

Sebagai pelaku usaha, tentunya mengenalkan produk kepada pelanggan merupakan bagian terpenting dalam upaya pemasaran. Sebab itu, promosi dianggap sebagai alat marketing yang penting untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai produk sehingga dapat mempengaruhi calon pelanggan untuk membelinya. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka strategi yang jitu harus dibuat dengan memperhatikan komponen strategi dan media promosi yang akan dipakai.

Komponen Strategi Promosi

Strategi promosi harus disusun secara rinci agar penyebaran arus informasi mengenai produk yang dijual dapat menjangkau target pasar yang diinginkan. Pembuatan strategi promosi produk akan lebih tepat sasaran jika dibuat berdasarkan komponen-komponen ini:

1. Iklan

Sekarang sudah banyak tersedia ruang iklan yang bisa dipakai untuk mempromosikan produk. Semakin banyak ruang iklan yang dipakai, semakin luas jangkauan target yang dicapai. Melalui iklan ini dapat disampaikan segala informasi yang dapat membantu menunjang kuantitas jual produk. Media strategi promosi produk yang digunakan dapat berupa media cetak, elektronik maupun digital.

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

2. Harga jual awal

Dalam menetapkan harga jual produk ada banyak hal yang harus dipertimbangkan suatu perusahaan. Seperti biaya pembuatan, jumlah permintaan produk, harga produk pesaing, dan metode penetapan harga yang akan dipakai.

3. Hubungan perusahaan dengan publik

Jika tercipta hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat akan mempengaruhi laju kesuksesan perusahaan. Sebab itu penting adanya jika perusahaan memiliki pekerja yang bertugas sebagai perantara antara perusahaan dan publik sehingga masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan segera.

4. Selling person

Selling person adalah pihak yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Karena itu diwajibkan untuk tahu segala informasi yang bersangkutan dengan produk yang dijual. Termasuk promosi, diskon dan bonus yang ditawarkan jika ada.

Jika semua komponen sudah dipertimbangkan, maka sekarang saatnya untuk menyusun strategi promosi produk.

Macam-macam Strategi Promosi

1. Website

Pengguna internet yang semakin bertambah membuat website jadi pilihan efektif untuk promosi karena pelaku usaha dapat mencantumkan semua informasi yang berkaitan dengan produk secara bebas dan mendalam sehingga calon pelanggan bisa mengetahui rincian penting mengenai produk.

Pastikan bisnis dan usaha anda memiliki website company profile perusahaan. Sehingga calon pelanggan bisnis anda tidak kesulitan mencari informasi seputar bisnis dan layanan anda di internet. Dengan adanya website maka kolega anda akan lebih mudah memberikan rekomendasi bisnis anda dengan cara membagikan alamat web bisnis anda di sosial media mereka. Oleh karena itu segera buat web bisnis anda. Atau hubungi jasa pembuatan website untuk memberikan layanan jasa web design berkualitas untuk company profile perusahaan anda.

2. Vlog

Dengan memanfaatkan gambar, video dan lagu maka akan membuat promosi produk menjadi lebih menarik dan mengundang perhatian banyak orang. 

3. Program kontes atau giveaway

Kontes dan giveaway sekarang ini marak diadakan oleh pelaku usaha baru yang ingin menarik minat banyak orang untuk mengunjungi dan mengikuti toko mereka. Semakin banyak orang yang mengikuti dan mengunjungi toko maka kemungkinan kuantitas jual produk semakin tinggi.

4. Memanfaatkan iklan gratis

Kebanyakan pelaku usaha rela membayar sejumlah uang agar produk mereka bisa ditayangkan di banyak ruang iklan, namun dengan memanfaatkan ruang iklan tidak berbayar maka perusahaan bisa menghemat dana iklan dan mengalokasikannya untuk keperluan lain.

Itu dia 4 strategi promosi yang saat ini efektif untuk mendukung metode pemasaran sebuah produk. Informasi yang lebih rinci bisa anda pelajari dengan melakukan research yang lebih mendalam mengenai strategi promosi yang Anda ingin gunakan. Salam sukses!

error: Content is protected !!