Strategi Sosial Media Marketing

Konsep digital marketing saat ini menjadi sangat diminati terlebih dengan perkembangan sosial media yang penggunaannya sudah bertumbuh pesat. Salah satunya adalah penggunaan berbagai platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, You Tube, Tik Tok. Dan platform lainnya untuk melakukan pemasaran produk ataupun layanan.

Mengenal strategi sosial media marketing

Tujuan sosial media marketing ini tentunya untuk meningkatkan penjualan dan sangat berguna bagi perkembangan bisnis atau produk yang dipasarkan. Namun banyaknya kompetitor di dunia marketing menuntut Anda agar memiliki strategi yang tepat dan efektif dalam menggunakan sosial media.

1. Menentukan tujuan awal

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam penggunaan sosial media adalah menentukan tujuannya. Apakah platform sosial media ini digunakan untuk promosi produk, layanan pelanggan, atau tujuan lainnya. Penentuan tujuan di awal ini sangat penting agar Anda fokus pada apa yang harus dilakukan. Namun jika Anda memiliki banyak anggota dalam tim. Maka setiap anggota bisa memegang masing-masing satu tujuan agar cakupan penggunaannya lebih luas.

2. Mengenali audience yang dituju

Setelah tujuan ditentukan, selanjutnya adalah mengenali audience yang akan menjadi sasaran dari platform sosial media yang digunakan. Mulai dari usia, lokasi, jenis kelamin, minat tertentu seperti fashion, hiburan, pendidikan, dan lainnya. Pengenalan audience ini sangatlah penting untuk penentuan jenis platform dan juga jenis konten yang akan dibuat.

3. Menentukan platform yang akan digunakan

Setelah mengenali sasaran audience yang akan dituju maka bisa dipilih jenis platform sosial media yang sesuai. Dan juga waktu yang biasa digunakan oleh audience saat menggunakan sosial media. Misalkan Anda melakukan promo produk dengan sasaran audience berumur 20an tahun, maka Anda bisa memilih Instagram atau Twitter.

4. Membuat konten yang menarik audience

Konten yang dibuat juga harus disesuaikan dengan sasaran audience atau target pasarnya. Konten ini bisa dibuat dalam bentuk gambar, infografis, atau video yang menarik. Jika platform yang digunakan adalah Twitter maka Anda bisa juga membuat sebuah thread atau utas yang menarik dengan bahasa yang mudah.

5. Melakukan analisis dan evaluasi hasil

Setelah keempat strategi tersebut dilakukan, maka satu hal yang tidak kalah penting adalah melakukan analisis dan juga evaluasi dari hasil yang diperoleh berdasarkan dampak dari konten tersebut, seperti respon audience, like dan komentarnya. Setelah itu lakukan inovasi agar kedepannya konten yang Anda buat memberikan dampak yang jauh lebih besar. Dan mampu menjangkau audience yang lebih luas.

Demikian beberapa strategi sosial media marketing yang perlu Anda pahami. Penggunaan platform sosial media sebagai salah satu alat pemasaran bisa berjalan dengan baik. Jika Anda benar-benar memahami apa yang diminati oleh audience.

error: Content is protected !!