Teknik SEO Terbaru

Teknik SEO selalu berubah dari waktu ke waktu mengikuti perubahan update algoritma google terbaru. Sehingga para pemilik website bisnis hendaknya mengikuti perkembangan teknik SEO secara terus menerus jika masih mengandalkan mesin pencari sebagai sumber utama traffik bisnisnya. Karena boleh jadi dulu webnya bisa masuk ke halaman 1 Google namun saat ini bisa jadi sudah tergeser oleh website-website lain yang menggunakan teknik SEO terbaru.

Berikut ini beberapa teknik SEO terbaru yang dapat anda terapkan pada website bisnis anda:

1. Naikkan kecepatan website

Salah satu hal yang paling dibenci oleh para pengunjung website adalah durasi loading website yang lambat. Karena, loading website yang lama bisa membuat pengunjung website jengkel dan akhirnya mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat.

Sebagus apa pun konten yang Anda buat, pengunjung website tidak mempunyai toleransi untuk loading web yang lambat. Menurut Google, 53% pengguna internet meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Selain itu, 79% orang yang kecewa dengan website loading lama menyatakan tidak akan kembali lagi ke website tersebut. Sehingga meningkatkan kecepatan website merupakan teknik SEO yang wajib anda lakukan. Silahkan pelajari cara optimasi kecepatan website untuk meningkatkan kecepatan web bisnis anda.

2. Melakukan riset keywords

Tidak melakukan riset keyword sebelum membuat sebuah konten adalah kesalahan fatal bagi pemilik website dan blog. Riset keyword akan membantu anda menemukan kata kunci yang relevan bagi para pengunjung website anda.

Ada 5 indikator riset keyword yang perlu Anda perhatikan, yaitu volume pencarian, tingkat kesulitan, saran kata kunci, SERP, dan search intent.

  1. Volume pencarian adalah banyaknya pencarian sebuah kata kunci dalam kurun waktu tertentu. Biasanya adalah rata-rata volume pencarian dalam 1 bulan
  2. Tingkat kesulitan keyword menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk masuk dan berada di halaman pertama hasil pencarian.
  3. Saran kata kunci adalah kumpulan berbagai kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda riset.
  4. SERP atau Search Engine Result Page menunjukkan halaman-halaman web yang menduduki 10 peringkat teratas di hasil pencarian kata kunci yang Anda riset.
  5. Search intent adalah maksud yang diinginkan pencari untuk sebuah kata kunci. Satu kata kunci bisa memiliki lebih dari satu interpretasi dan Google mengutamakan interpretasi yang sesuai dengan keinginan mayoritas pencari.

Silahkan pelajari cara riset keywords website menggunakan keywords tool.

3. Manfaatkan plugin Yoast SEO

Apakah website anda menggunakan CMS WordPress? Jika demikian, anda bisa memulai rangkaian optimasi SEO dengan menginstal plugin Yoast SEO.

Plugin ini memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan kualitas SEO website anda, contohnya seperti mengubah title tag & meta description, submit XML Sitemap, mengubah permalink, verifikasi Google Webmaster Tools, dan menganalisis konten artikel anda.

4. Tulis konten secara lengkap

Teknik SEO selanjutnya yang sering terlewatkan oleh para pemilik website adalah membuat konten yang lengkap dan menarik.

Padahal, ketika seseorang mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban yang lengkap untuk menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Google pun menyadari kebutuhan penggunanya dan mulai mengutamakan konten-konten yang lengkap untuk mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian. Yang nantinya, konten-konten tersebut berpeluang sukses mendapatkan banyak pengunjung dari pengguna Google.

Anda bisa menambahkan berbagai gambar ilustrasi, infografik, atau video untuk melengkapi artikel. Media visual akan membantu pembaca untuk memahami isi artikel web anda dengan mudah. Jika mereka puas dengan konten lengkap anda, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten-konten tersebut di media sosial mereka.

5. Gunakan internal link

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Dengan internal link, mesin pencari dapat memahami konteks dan hubungan antar halaman di suatu website. Hal ini sangat penting, karena Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan anda bisa menunjukkan hubungan antar konten itu dengan menggunakan internal link.

Internal link secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah dari sebuah halaman ke halaman lain dalam website anda.

Semakin banyak internal link yang pengunjung klik, semakin banyak halaman yang mereka kunjungi dalam website anda. Maka akan semakin banyak waktu yang mereka habiskan di website anda. Sehingga Google akan menilai website anda sebagai website yang informatif dan solutif bagi para pembacanya.

6. Melakukan update konten

Konten merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah website. Karena website yang tidak melakukan update konten akan dianggap sebagai website mati oleh Google. Dan website mati tidak akan pernah bisa masuk ke halaman 1 Google. Karena Google mengutamakan website-website yang hidup, yaitu website yang selalu melakukan update konten secara berkala.

Update konten dapat anda lakukan dengan melakukan penulisan artikel baru dan juga bisa dengan memperbarui artikel-artikel yang sudah lama. Sehingga dengan adanya update konten maka Google akan semakin sering mengunjungi website anda untuk melakukan crawling dan indexing.

7. Daftarkan web ke Google Search Console

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) merupakan platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website anda di hasil pencarian Google.

Tool ini memungkinkan anda untuk melakukan monitoring domain yang memberikan link ke website anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis traffic halaman website anda.

8. Gunakan Google Analytics

Selain menggunakan Google Search Console, anda juga perlu menggunakan Google Analytics. Meskipun terdengar mirip, sebetulnya kedua alat ini memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi utama Google Search Console yaitu untuk memeriksa performa website di hasil pencarian, sedangkan fungsi utama Google Analytics adalah untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung website. Sehingga anda bisa mengetahui user experience ketika mengunjungi website anda.

Dengan Google Analytics, maka anda bisa mengetahui pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang mereka kunjungi sampai di halaman apa mereka menutup website anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu anda mengetahui halaman mana yang paling banyak menghasilkan konversi dan halaman mana yang kurang menghasilkan konversi.

9. Buatlah sitemap

Sitemap adalah daftar URL yang berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks.

Selain itu, sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur website anda.

Sitemap terdiri dari 2 jenis, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang dapat diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah sitemap yang dapat diakses oleh pengunjung website.

Silahkan pelajari pentingnya sitemap sebelum membuat website.

10. Melakukan link building

Link building merupakan salah satu cara untuk meningkatkan popularitas website terhadap mesin pencari. Karena mesin pencari selalu melakukan penilaian popularitas website melalui link yang ada di website-website lain. Salah satu cara melakukan link building adalah dengan melakukan guest post di website orang lain.

Guest post dapat diartikan menulis artikel di website orang lain. Di artikel tersebut anda bisa menaruh link yang mengarah ke website anda. Metode ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk website anda.

Supaya menghasilkan backlink berkualitas, anda perlu memilih dengan teliti terhadap website yang akan menerbitkan guest post anda.

Pilihlah website yang kualitasnya jauh lebih baik dari website anda, baik dari segi trafik maupun domain authority. Anda bisa bekerja sama dengan blogger influencer atau media online untuk melakukan guest post. Teknik SEO dengan link building merupakan strategi dasar SEO yang terbukti ampuh menaikkan rangking website hingga saat ini.

11. Promosikan website anda

Mempromosikan website bisnis merupakan hal yang perlu anda lakukan. Karena dengan melakukan promosi maka website bisnis anda akan semakin dikenal oleh para pengguna internet. Sehingga akan menimbulkan brand awareness terhadap website bisnis anda. Anda dapat mempromosikan website bisnis anda di Google dan jaringan periklanan Google. Pastikan anda menggunakan target pencarian sesuai dengan webite bisnis anda.

Anda dapat menggunakan Google ads untuk mengiklankan website bisnis anda di halaman 1 Google. Sehingga calon pelanggan baru anda dapat dengan mudah menemukan layanan bisnis anda di halaman 1 Google. Karena halaman 1 Google merupakan posisi paling stategis untuk mempromosikan sebuah website bisnis.

Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google atau hubungi jasa iklan google ads untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google ads atau jasa adwords sekarang juga. jasa iklan google.

error: Content is protected !!