Trik Pemasaran Online

Trik pemasaran online sangatlah penting. Karena tak dapat dipungkiri, pemasaran atau marketing merupakan langkah penting untuk menyukseskan sebuah bisnis. Sebagus apapun produkmu, penjualan tidak akan meningkat tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat. 

Pemasaran online pun menjadi metode pemasaran populer di era digital ini. Strateginya efektif dan cukup effortless dibandingkan metode pemasaran tradisional. 

Namun, karena hampir semua bisnis menggunakan metode ini, kamu harus mencari cara untuk membuat bisnis kamu stand out. Salah satunya adalah dengan menerapkan 7 trik pemasaran online yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. 

1. Targetkan Audience

Trik pemasaran online pertama adalah menentukan audience. Strategi ini merupakan pengawal runtutan rencana pemasaran bisnismu, terutama untuk perencanaan konten.

Apabila bisnis kamu bergerak di bidang kecantikan, misalnya, usahakan membuat konten dengan bahasa sederhana yang cocok dikonsumsi oleh audience wanita usia remaja hingga dewasa. 

2. Tulis Blog

Tulis artikel secara rutin di website bisnismu. Jaga artikel tetap relevan dan informatif, sehingga pengunjung website dapat memperoleh sesuatu yang bermanfaat di samping penawaran produk bisnismu. 

3. Terapkan SEO

Search Engine Optimizer (SEO) merupakan strategi pemasaran online dengan menempatkan beberapa kata kunci yang sering dimasukkan dalam mesin pencarian Google. Kombinasikan artikel-artikel websitemu dengan SEO untuk hasil terbaik. 

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

4. Buat Domain Sederhana

Pernah menemukan domain rumit dengan strip, angka, dan huruf-huruf acak? Hindari membuat domain seperti itu, ya, karena pelanggan akan kesulitan mengingat alamat website kamu jika di lain hari mereka berniat bertransaksi lagi. 

5. Sediakan Fitur Live Chat

Terkadang, respons Customer Service melalui e-mail memakan waktu yang lebih lama dibandingkan melalui aplikasi obrolan seperti WhatsApp dan Line. 

Untuk menghindari protes pelanggan, jangan lupa sediakan fitur live chat melalui layanan pesan instan atau dengan membangun fitur tersebut langsung di aplikasi atau website kamu. 

6. Kerja sama dengan Brand Lain

Tak selamanya tentang persaingan, kamu juga bisa membangun hubungan positif dengan bekerja sama dengan bisnis lain. 

Contoh kerja sama antar-brand yang populer akhir-akhir ini adalah antara bisnis di industri kecantikan dengan bisnis di bidang makanan, seperti kolaborasi antara Dear Me Beauty dengan Yupi dan Sasa. 

7. Kolaborasi dengan Influencer

Meski membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kolaborasi dengan influencer berupa paid promotion atau endorsement akan memberikan hasil yang sepadan, terutama jika kamu baru memulai bisnismu. 

Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan budget kamu, karena tak sedikit juga vlogger pemula yang menetapkan tarif rendah atau bahkan tanpa tarif. Tentunya, hasil kerja mereka akan sama profesionalnya. 

Jadi, begitulah 7 trik pemasaran online yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu. Praktikkan strategi pemasaran online ini secara konsisten untuk hasil yang maksimal. 

error: Content is protected !!