Marketing Makanan Online

Makanan adalah sektor bisnis yang tidak pernah mati. Seiring berjalannya kehidupan dan teknologi,  metode penjajakan makanan mengalami perkembangan. Menggunakan konsep digital marketing, anda bisa memulai usaha dengan cara marketing makanan online.

Tetapi dalam melakukan bisnis atau usaha sendiri diperlukan strategi dan teknik, tidak terkecuali dalam bisnis kuliner, secara online sekalipun. Berikut adalah beberapa tips strategi marketing online untuk meningkatkan kualitas pemasaran bisnis kuliner anda.

1. Daftarkan Produk di Platform Pencarian Makanan

Langkah pertama untuk meningkatkan usaha kuliner anda, adalah mendaftarkan produk makanan anda di platform pencarian makanan. Hal ini tentu menjadi krusial untuk membuat produk anda lebih terkenal dan diketahui khalayak luas.

Teknik marketing makanan online ini memanfaatkan aplikasi pencarian dan penemuan produk makanan, berisi tentang deskripsi makanan anda, juga hasil ulasan dari pelanggan yang pernah membeli hasil masakan anda.

Di Indonesia sendiri sudah banyak platform yang menawarkan layanan seperti ini, salah satunya adalah Zomato, aplikasi dari India yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 2013 silam. Begitu pula beberapa platform lokal serupa yang memberikan pelayanan serupa.

2. Gunakan SEO untuk mencapai konsumen

Faktanya, kata kunci “rumah makan di sekitar saya” di google, memiliki jumlah penelusuran di atas 700 ribu dalam sebulan. Pengusaha di bidang digital yang cerdik tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk meningkatkan marketing makanan online mereka.

Ketika anda berhasil memaksimalkan penggunaan SEO, bukan tidak mungkin usaha kuliner anda akan muncul di halaman pertama, saat seseorang menelusuri internet dengan keyword sama dengan yang anda masukkan dalam pemasaran produk.

Penggunaan SEO tentu menjadi salah satu strategi marketing makanan online, karena dalam mencari apapun, tempat bertanya pertama masyarakat adalah google, dan apabila usaha kuliner anda masuk di halaman pertama, kepercayaan masyarakat terhadap produk anda akan meningkat.

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

3. Pergunakan Media Sosial Secara Efektif

Era digital identik dengan penggunaan media sosial yang masif. Hasil penelitian We Are Social dan Hootsuite memaparkan, faktanya pengguna media sosial yang aktif berada di atas 40% dari seluruh populasi dunia.

Eits, jangan buru-buru! Dalam menggunakan media sosial anda tidak bisa serampangan. Banyak yang perlu dipelajari dalam pemasaran makanan via online di media sosial. Langkah yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menentukan media sosial yang sesuai dengan produk anda.

Para muda-mudi lebih sering menggunakan instagram dibanding Facebook, dan berlaku sebaliknya pada orang tua. Karena itu anda tidak boleh hanya terfokus pada satu media sosial, tapi usahakan untuk merambah ke media sosial lainnya. 

Begitulah tiga tips marketing makanan online yang bisa anda lakukan sebagai pelaku usaha di bidang kuliner. Masih banyak tips lainnya yang bisa langsung anda praktikkan untuk menambah cuan, jadi ikuti terus update di media ini.

error: Content is protected !!