Strategi Marketing Jualan Online

Zaman digital memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia saat ini. Segalanya sudah serba online, mulai dari membeli sesuatu, menjual, maupun mengirim barang. Jika sebelumnya untuk membeli sesuatu harus datang langsung ke toko, saat ini hal itu sudah tidak menjadi keharusan lagi, karena sudah bisa dilakukan secara online. Untuk itu, bagi anda para pebisnis hendaknya menambah pengetahuan tentang strategi marketing jualan online. Selain mengikuti perkembangan teknologi, hal ini juga dapat meningkatkan keuntungan tersendiri pada diri anda.

Bagaimana strategi marketing online?

Berikut beberapa poin terkait bagaimana strategi marketing jualan online.

1. Membuat situs online di halaman satu pada mesin pencari

Langkah pertama strategi marketing yang harus anda lakukan adalah dengan membuat situs online. Usahakan situs yang anda buat berada di halaman pertama pada mesin pencarian, baik itu Google atau yang lainnya. Dengan begitu, maka anda bisa dengan mudah bertemu dengan calon pelanggan. Nah pertanyaannya, bagaimana agar situs berada di halaman pertama? dalam hal ini, anda bisa menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization). Penyedia jasa SEO ini sudah banyak, tinggal anda pilih saja. Atau anda ingin web bisnis cepat masuk halaman 1 Google maka anda dapat menggunakan jasa iklan google terbaik di Indonesia.

2. Memaksimalkan relasi

Selain membuat situs, strategi marketing jualan online selanjutnya yaitu dengan memaksimalkan relasi. Penting bagi anda memiliki relasi agar bisnis anda juga semakin mudah dikenal. Jika relasi banyak, maka anda juga mudah menawarkan produk atau jasa. Semakin banyak relasi, maka peluang sukses bisnis anda juga semakin besar.

3. Konten marketing menarik

Membuat situs online saja tidak cukup tanpa mengisinya dengan konten yang menarik. Karena hal ini juga memengaruhi minat khalayak untuk mengunjungi toko anda tersebut. Anda bisa mengisi situs tersebut dengan artikel, gambar juga video yang related dengan produk/jasa yang anda jual. Hal yang demikian sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

4. Memahami tren

Sebagai pebisnis, anda dituntut untuk up to date. Artinya, anda harus fleksibel dan mengikuti tren. Dengan memahami tren, maka anda bisa mendapatkan keuntungan dari hal ini. Misalnya saja, saat ini media sosial sudah digandrungi oleh masyarakat. Maka anda juga harus memanfaatkan media sosial ini.

5. Bergabung dengan marketplace

Saat ini, ada banyak marketplace gratis yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa pasarkan produk di sana, namun tetap mengedepankan kualitas dan pelayanan yang baik pada pelanggan. Selain dapat menarik pelanggan, membuat toko online di marketplace juga lebih aman dalam hal pembayaran.

Itulah beberapa strategi marketing jualan online yang dapat anda praktikkan pada bisnis anda. Strategi di atas bisa mendatangkan pelanggan baru, namun juga dapat mempertahankan pelanggan lama. Selalu lakukan evaluasi dari setiap strategi yang anda lakukan. Jika ada yang kurang tepat, maka bisa anda perbaiki. Konsep digital marketing yang matang memang tidak boleh ditinggalkan mengingat saat ini sudah  zaman digital, yang segalanya serba online.

error: Content is protected !!