Strategi Pemasaran Online dan Offline

Sebagai pebisnis, memiliki strategi yang tepat dalam pemasaran menjadi salah satu kunci utama suksesnya bisnis yang dijalankan. Itulah sebabnya kita akan membahas terkait strategi pemasaran online dan offline. Sebab, kedua strategi tersebut merupakan kekuatan dalam segi pemasaran yang banyak dilakukan oleh berbagai macam pihak termasuk perusahaan.

Pastikan bisnis dan usaha anda memiliki website company profile perusahaan. Sehingga calon pelanggan bisnis anda tidak kesulitan mencari informasi seputar bisnis dan layanan anda di internet. Dengan adanya website maka kolega anda akan lebih mudah memberikan rekomendasi bisnis anda dengan cara membagikan alamat web bisnis anda di sosial media mereka. Oleh karena itu segera buat web bisnis anda. Atau hubungi jasa pembuatan website profesional untuk memberikan layanan jasa web design berkualitas untuk company profile perusahaan anda.

Strategi Pemasaran Online

Secara keseluruhan, strategi pemasaran yang dilakukan di dunia bisnis memiliki 2 bagian. Yakni B2C sebagai business to customer dan B2B sebagai business to business. Sedangkan dalam pelaksanaannya sendiri, dapat Anda coba dengan melakukan strategi pemasaran online yang ada di bawah ini.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Letak perbedaan pemasaran online dan offline tentu sangat kita ketahui banyak terdapat di media pemasaran yang digunakan. Pemasaran offline tidak menitikberatkan proses pemasaran dengan media sosial. Namun, dalam strategi pemasaran online, pemilik bisnis harus menuangkan kreativitasnya dalam menarik kemauan pasar yang dituangkan melalui media sosial.

2. Memanfaatkan Iklan

Salah satu jenis iklan yang direkomendasikan di dalam pemasaran online adalah iklan dengan konsep pay per click atau yang lebih dikenal sebagai PPC. Dengan memasang iklan PPC, yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan pembayaran setiap iklan yang dideteksi telah di klik oleh target pasar atau konsumen. Itulah sebabnya cara ini dikenal sebagai teknik dan strategi promosi yang lebih ekonomis.

Dengan menggunakan iklan PPC seperti iklan google ads, maka biaya promosi akan lebih murah. Karena biaya iklan hanya akan anda bayarkan berdasarkan jumlah klik yang masuk. Sehingga anda bisa memasang iklan di Google ads sesuai dengan target yang anda harapkan. Semakin besar biaya iklannya maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan banyak orderan. Segera pasang iklan web bisnis anda di Google ads atau gunakan jasa iklan google profesional untuk memasangkan iklan bisnis anda di halaman 1 Google.

3. Menggunakan Affiliate Marketing

Perbedaan strategi pemasaran online dan offline juga terlihat dalam proses promosi yang dilakukan. Di dalam pemasaran online, Anda bisa melakukan pemasaran afiliasi dengan meminta teman-teman Anda maupun pengikutnya untuk mengiklankan produk yang Anda tawarkan di media sosial masing-masing.

4. Menggunakan Email Marketing

Promosi dengan email dan pengiriman pesan melalui newslatter menjadi daya tarik tersendiri di dalam dunia pemasaran online. Bagaimana tidak, langkah ini dipercaya 40 kali lipat lebih efektif dalam menjangkau konsumen dibandingkan menggunakan media sosial. Itulah sebabnya Anda juga harus mencobanya.

Strategi Pemasaran Offline

Kemudahan yang ditawarkan oleh pemasaran online jangan sampai membuat Anda mengabaikan strategi pemasaran offline. Kolaborasi keunggulan pemasaran online dan offline menciptakan kekuatan bisnis yang tepat terutama untuk bisnis yang sudah besar. Nah, yang perlu Anda siapkan dalam melakukan pemasaran offline sendiri yakni seperti modal, lokasi usaha, tenaga dan pemikiran yang lebih ekstra, serta pekerja jika memang bisnis yang dijalankan sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan sendiri.

Melihat hal tersebut, tentu sudah dapat ditebak bahwa strategi pemasaran yang dilakukan secara offline lebih banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang usahanya sudah meluas atau besar. Dan tentunya jarang dilakukan oleh pebisnis yang baru memulai usahanya. Namun demikian, meskipun sebagai pebisnis pemula, bukan berarti Anda juga tidak bisa melakukan kedua strategi ini sekaligus. Dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat, maka usaha Anda akan lebih maju melalui dua strategi yang dijalankan yaitu strategi pemasaran online dan offline. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!