Media Pemasaran Online dan Offline
Promosi dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang penting untuk anda lakukan, terutama jika ingin bisnis yang sedang dijalankan dikenal oleh khalayak luas. Karena selain untuk mengenalkan produk anda, promosi bisnis juga dapat membantu dalam meningkatkan angka penjualan pada suatu produk.
Tapi agar dapat menggapai tujuan di atas, anda harus pintar dalam memilih media pemasaran online dan offline yang akan digunakan nanti.
Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google certified Google Partner untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga. jasa iklan google ads.
Tips memilih Media Pemasaran yang Tepat
Berikut ada beberapa tips sebelum memilih media pemasaran untuk bisnis anda,
1. Menentukan Anggaran untuk Promosi
Ketika ingin membuat iklan untuk promosi, anda tentu membutuhkan anggaran promosi. Dan dalam menentukan anggaran ini, anda dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Misalnya budget anda cukup besar, media TV maupun cetak seperti majalah serta tabloid bisa dipilih. Tetapi jika budget anda kecil, media online seperti social media, serta Internet bisa digunakan.
Sangat penting untuk menentukan jumlah anggaran promosi yang bisa disediakan untuk kampanye anda.
2. Menentukan Segmentasi Pasar
Setelah anda sudah menentukan anggaran untuk berpromosi, hal selanjutnya adalah anda bisa menentukan segmentasi pasar dari bisnis tersebut. Karena tanpa tahu segmentasi pasar bisnis anda, pasti akan cukup sulit untuk menentukan media apa yang tepat digunakan dalam berpromosi.
Tapi, jika sudah tahu siapa yang akan menjadi target nya, pasti akan mudah dalam menentukan media yang akan dipilih. Seperti misalnya target anda adalah anak kampus, menggunakan social media sampai menyebar brosur pada area kampus.
3. Memilih sesuai dengan Materi yang akan diiklankan
Anda dapat memilih media pemasaran online dan offline yang sesuai dengan materi iklan maupun pesan yang ingin disampaikan pada media tersebut. Jika materinya hanya teks dan tulisan, Anda bisa menggunakan media cetak maupun media promosi online saja. Tetapi, jika materi promosi nya berbentuk audio, Anda bisa pilih radio maupun televisi untuk medianya.
Dengan menggunakan materi yang tepat serta sesuai, promosi Anda pasti bisa lebih efektif dan efisien, dan pesan yang ingin anda sampaikan pun bisa lebih mudah diterima oleh.
4. Menentukan Media
Media promosi sendiri terdapat 2 jenis, yaitu offline juga online. Sangat disarankan untuk melihat segmentasi sasaran sebelum memilih media promosi yang akan digunakan.
Karena, media online akan lebih disenangi anak muda lalu media yang offline akan lebih disukai orang dewasa dengan segudang kesibukannya.
Untuk media online, Anda bisa promosi dengan bermacam-macam konten, misalnya teks, gambar, video, audio, dan semacamnya. Lalu untuk media offline, Anda dapat menggunakan teks serta gambar pada koran, majalah, flyer, brosur, dan sebagainya.
Itulah beberapa tips yang bisa anda pilih untuk memilih media pemasaran online dan offline yang tepat. Apapun media promosi yang dipilih, tentu anda harus bisa menjaga kualitas promosi yang akan dijalankan nanti. Dan anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing untuk mengonlinekan bisnis anda di internet.