Apa Itu Google My Business (Google Bisnisku)

Google My Business (Google Bisnisku) ialah sebuah tools di mana anda dapat memberi info yang telah tervalidasi mengenai lokasi alamat usaha anda. Misalkan alamat atau lokasi fisik dari toko, nomor yang dapat dikontak, situs atau website resmi, photo produk, menu, dan / atau situasi toko, bahkan juga pembahasan reviews dari konsumen setia.

Sepanjang wabah COVID-19 juga, Google My Business menyesuaikan. Jam operasional yang tampil di Google My Business juga telah sesuai keadaan wabah, hingga memberi info yang terkini atau up-to-date.

Lalu, apa sich manfaat dari Google My Business yang dapat Anda rasakan langsung?

Peranan Google My Business (Google Bisnisku)

Google My Business mempunyai beragam peranan dan manfaat untuk keberlangsungan usaha Anda. Ini betul ada terlebih bila Anda ingin memperkuat online marketing dari toko fisik Anda.

Berikut fungsi-fungsi dan manfaat Google My Business:

1. Memberikan Anda peluang untuk share info terkini, sah, dan terbatas sekitar toko Anda

Hal ini bukanlah cuman info usaha, seperti contact atau lokasi, tetapi juga promo yang Anda rancang, acara yang Anda akan gelar, informasi produk yang lain, dan baru.

2. Memberi Pembahasan Atas Usaha Anda

Karena ada pembahasan yang bagus dan jujur (honest reviews), calon konsumen juga dapat menjadi lebih yakin dan terbuka untuk membeli produk Anda meskipun secara online.

3. Dapat Memengaruhi Calon Konsumen

Karena info usaha Anda terbuka dan ada pembahasan yang terang dan bisa dipercayai, calon konsumen bisa memilih untuk pada akhirnya beli produk Anda.

4. Munculkan Usaha Anda di Google Maps

Google My Business (Google Bisnisku) bisa mendaftar lokasi usaha Anda di Google Maps. Ini memudahkan calon konsumen bila mereka memilih untuk datang ke lokasi fisik dari toko A yang memerlukan instruksi dari anda.

5. Tingkatkan Trafik Web

Bila Anda mempunyai situs sah, karena itu Google My Business dapat menjadi satu diantara sumber organic trafik. Organic trafik sendiri ialah jumlah pengunjung website yang tiba sendirinya dari Google tanpa Anda harus bayar satu iklan.

Jadi tidak bingung bila usaha yang memiliki Google My Business kelihatan lebih dapat dipercaya dan terbuka. Ini juga dapat memengaruhi niat membeli calon konsumen setia, dan meningkatkan online presence dan pemasaran Anda ke depannya.

Dengan menggunakan Google bisnisku maka anda sudah menerapkan salah satu cara meningkatkan penjualan produk agar bisnis semakin berkembang.

Yang Anda perlu kerjakan hanya mendaftar usaha Anda di Google My Business. Tetapi, bagaimana triknya?

Langkah Daftar Google My Business (Google Bisnisku)

Untuk mendaftar usaha Anda lewat Google My Business, turuti beberapa langkah berikut. Membuka situs situs Google My Business di sini. Selanjutnya, click tombol “Daftar Sekarang” yang ada di situs itu.

1. Masuk atau login ke account Google usaha Anda.

Bila Anda belum memiliki account Google khusus usaha Anda, karena itu dianjurkan untuk membikin account ditambah dulu.

2. Masukan nama usaha Anda dalam kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya click Enter pada keyboard Anda.

3. Melengkapi profile usaha Anda.

Yakinkan Anda isi info berikut ini:

Isi nama usaha dan industri dari usaha Anda, selanjutnya click tombol “Selanjutnya “.


Tentukan apa Anda ingin memperlihatkan lokasi fisik usaha lewat Google Maps, dan click tombol “Selanjutnya “.


Tentukan daerah tempat usaha Anda bekerja, misalkan “Indonesia” atau “Jakarta “.Anda bisa juga memutuskan untuk tidak isi sisi daerah, tetapi Anda harus pilih negara tempat usaha Anda.


Isi contact sah, berbentuk nomor HP dan situs sah usaha Anda.


Tentukan apa Anda ingin memperoleh berita terkini dari Google My Business lewat e-mail Anda.


Isi alamat sah dari usaha Anda.


Anda dapat menambah penataan profile Anda. Dimulai dari masukkan jam operasional usaha, aktifkan fitur akseptasi pesan dari calon konsumen, dan menambah deskripsi dari usaha yang Anda jalani. Dan selesai! Google My Business Anda juga siap untuk dipakai.

Optimisasi Google My Business (Google Bisnisku)

Tentu saja Anda bisa juga masih tetap lakukan optimisasi dari hari ke hari untuk pastikan info yang terpajang itu tepat dan up-to-date. Dengan demikian usaha Anda juga dapat berkompetisi di pasar digital, di mana calon konsumen terlatih lakukan penelitian saat sebelum membeli.

Jika sesudah lakukan optimisasi tetapi efektif dari Google My Business Anda tidak berkembang, karena itu peluang ada kekeliruan dalam optimisasi atau kompetisi yang tinggi di bidang usaha Anda terutamanya di tempat sekitaran Anda.

Mudah-mudahan karena ada info sah dari Anda, Google My Business dapat membantu memberikan keyakinan calon konsumen jika usaha Anda dapat dipercaya ya dan benar. Yuk, mulai pasang Google Bisnisku, jelajahi fiturnya, dan dapatkan lebih banyak pembeli untuk keberlangsungan usaha Anda.

Pastikan bisnis dan usaha anda mempunyai website bisnis berupa company profile perusahaan. Sehingga calon pelanggan bisnis anda tidak kebingungan mencari informasi seputar bisnis dan layanan anda di internet. Dengan adanya website bisnis maka kolega anda akan lebih mudah memberikan rekomendasi bisnis anda dengan cara membagikan alamat web bisnis anda di sosial media mereka. Oleh karena itu segera buat web bisnis anda. Atau hubungi jasa pembuatan website untuk memberikan layanan jasa web design berkualitas untuk website company profile perusahaan anda.

Jangan lupa untuk mempromosikan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google ads dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google ads maka jangkauan iklan web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan tayang di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang sedang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa google ads untuk mengiklankan web bisnis anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. hubungi jasa google ads sekarang juga.

error: Content is protected !!