Pengertian Pemasaran Digital

Bertumbuh dan berkembangnya teknologi, membuat dunia saat ini mengalami perubahan yang besar. Salah satunya terjadi dalam dunia pemasaran. Dulu, pemasaran dilakukan secara offline dengan menyebar brosur, memasang banner, dan lain sebagainya. Tetapi Kini, pemasaran dapat dilakukan secara online. Bahkan Brosur dan banner pun dapat dipasang di Internet untuk menarik para konsumen.

Berikut ulasan artikel tentang pemasaran digital. Di artikel kali ini, akan membahas secara mendalam mengenai pengertian, jenis, serta manfaat dari pemasaran digital. Simak artikel ini baik-baik ya.

Digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internet.

Kamu pasti sering melihat brand-brand terkenal atau lokal yang sering berseliweran di media sosial dengan mengampanyekan produk atau brand yang mereka miliki. Nah, itulah yang disebut sebagai pemasaran digital.

Dengan bantuan internet dan teknologi, pemasaran digital dapat menganalisis dan merekam perilaku para penggunanya. Hal ini bertujuan agar para pengguna dapat diberikan konten-konten iklan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Jenis-jenis Pemasaran Digital

1. Website

Website merupakan media yang seringkali digunakan oleh para pebisnis untuk mengenalkan dan mempromosikan produk/jasa dari suatu brand. Tidak hanya itu, biasanya website juga digunakan untuk membangun atau mengenalkan profil dari sebuah perusahaan. Keuntungan dari website ialah dapat menjangkau target user yang lebih besar dan luas dari seluruh wilayah. Pastikan bisnis anda sudah mempunyai website company profile. Jika belum ada website, maka anda dapat menggunakan jasa pembuatan website perusahaan untuk design web bisnis anda.

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

2. Email marketing

Para pengguna internet umumnya pasti memiliki email. Email dapat Anda gunakan sebagai media untuk mempromosikan konten mengenai produk, atau informasi lainnya seputar brand. Strategi ini terbilang sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pengunjung pada website.

3. Search engine marketing

Search engine marketinng (SEO) atau dalam bahasa Indonesianya ialah pengoptimalan mesin telusur. SEO merupakan tindakan dalam mengoptimasi website yang memiliki tujuan untuk mendapatkan rangking teratas pada pencarian. Keuntungan dari SEO, tidak mengeluarkan biaya.

Selain SEO, terdapat Search Engine Marketing (SEM), pengertian dan tujuannya sama seperti dengan SEO. Hanya saja SEM membutuhkan modal untuk berada di rangking teratas hasil pencarian.

4. Social media marketing

Media sosial menjadi ruang yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan pada bisnis. Platform media sosial yang banyak berbagai macamnya memberikan Anda ruang untuk melakukan promosi. Contohnya media sosial, Facebook ads, Instagram ads, Tiktok ads, Twitter ads, dan lain sebagainya.

Kelebihan Pemasaran Digital

Menjangkau target yang sesuai.

Harga relatif lebih murah

Menaikkan daya saing pada bisnis

Menyeser konsumen dengan jangkauan luas.

Komunikasi dengan konsumen lebih efektif dan mudah.

Promosi yang dilakukan dapat diukur dan dipantau.

Kemudahan melakukan evaluasi.

Itulah artikel pengertian pemasaran digital, jenis, dan manfaatnya. Jika Anda merupakan pelaku bisnis, maka segeralah menggunakan digital marketing agar bisnis semakin sukses. Karena konsep digital marketing atau pemasaran digital itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dari suatu brand.

error: Content is protected !!