Posisi Iklan Menurut Penilaian Sistem Google

Rangking iklan menurut penilaian sistem Google Ads dipengaruhi oleh banyak faktor. Posisi iklan di deretan teratas hasil pencarian Google merupakan idaman bagi semua pengiklan yang menggunakan Google Ads tipe search. Namun untuk mencapai posisi teratas bukanlah suatu hal yang mudah jika tidak memahami sistem kerja Google ads.

Faktor-Faktor Penentu Posisi Iklan

Secara umum posisi iklan ditentukan oleh 2 faktor utama, yaitu:

1. Bidding

Bidding merupakan sistem lelang yang diterapkan oleh Google sebagai salah satu faktor penentu posisi iklan. Semakin besar nilai bidding maka akan semakin berpeluang untuk mendapatkan posisi teratas. Nilai bidding merupakan sejumlah uang yang rela anda bayarkan kepada Google untuk setiap klik iklan.

2. Quality Score

Skor kualitas atau disebut juga Quality score merupakan sistem penilaian yang dihitung dari angka 1 sampai 10. Semakin bagus nilai skor kualitas maka akan semakin berpeluang mendapatkan posisi teratas.

Quality score diperhitungkan berdasarkan persentase CTR dan relevansi iklan. Semakin tinggi CTR dan semakin bagus relevansinya maka akan semakin bagus pula skor kualitas yang anda dapatkan.

Posisi Iklan No.1 = Ranking Iklan Terbaik

Sebelum sistem Google menentukan posisi iklan, Google terlebih dahulu akan memperhitungkan rangking iklan.

Rangking iklan = bidding x quality score

Berikut contoh tabel bagaimana sistem Google menentukan posisi iklan:

PengiklanBiddingQuality ScoreRangking IklanPosisi Iklan
RanoRp 50001050.0001
SantosoRp 6000848.0002
CecepRp 7000642.0003
DidinRp 8000540.0004

Dari tabel di atas terlihat jelas ada 4 pengiklan yang sedang bersaing untuk mendapatkan posisi iklan terbaik. Namun dari semua pengiklan, hanya Rano yang dapat meraih posisi no.1. Karena Rano yang mendapatkan rangking iklan paling tinggi sehingga Google menilai iklan Rano layak menempati posisi terbaik.

Dari studi kasus di atas dapat anda simpulkan bahwa pengiklan dengan dana besar belum tentu bisa mendapatkan posisi no.1. Karena selain nilai bidding, Google juga menghitung quality score dari iklan yang telah mereka buat. Secara umum, iklan berkualitas lebih baik biasanya menghasilkan biaya yang lebih murah, posisi iklan yang lebih tinggi, dan kesuksesan iklan yang lebih besar.

Jika anda masih bingung untuk melakukan pengaturan iklan, silahkan gunakan layanan jasa google adwords profesional & terbaik. Karena jasa google ads profesional bersertifikat Google Partner selalu siap untuk membantu mempromosikan bisnis anda di hasil pencarian Google. Sehingga website bisnis anda bisa muncul di halaman 1 hasil pencarian Google. Dan berpeluang mendapatkan calon pelanggan baru yang sesuai dengan target bisnis anda. Segera pasang iklan website bisnis anda di Google. Atau gunakan jasa pasang iklan google ads untuk melakukan pemasangan iklan bisnis anda di Google dan jaringan periklanan Google. jasa iklan google ads.

error: Content is protected !!