Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif

Saat seseorang menjalankan sebuah usaha atau bisnis, maka ia wajib mempelajari teknik dan trik marketing dengan baik, terutama ketika ingin memasarkan produk. Sebab, pemasaran merupakan kunci pokok untuk memperluas jangkauan pasar dan mengembangkan produk agar sukses diterima oleh masyarakat. Dan anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing untuk mengonlinekan bisnis anda di internet.

Namun dalam pelaksanaannya, membangun dan merencanakan pemasaran tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Bahkan setiap calon pengusaha harus mempraktikkan setidaknya 7 cara pemasaran produk berikut ini agar tidak salah kaprah dalam mengambil keputusan lanjutan!

1. Coba Kenali Target Pasar dan Keinginan Pelanggan

Penting untuk diketahui bahwa setiap pelanggan memiliki perspektif atau harapan yang berbeda-beda terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan, prinsip, maupun gaya hidup konsumen itu sendiri.

Jadi, mulailah untuk mengenali target pasar serta keinginan para calon konsumen maupun pelanggan dengan mengadakan survey atau meminta feedback, juga testimoni dari mereka agar kita mampu mengidentifikasi karakteristik pasar secara efektif. 

2. Bangun Toko dan Brand Sendiri

Membangun toko bisa dilakukan dengan dua langkah, yakni toko fisik dan toko online (online shop).  Untuk membangun toko fisik, carilah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh pembeli maupun para pelanggan. 

Sementara, untuk pembuatan toko online atau olshop, cobalah memilih nama yang mudah dihafal dan melekat pada memori para customer supaya tujuan branding usaha makin kuat.

Pastikan bisnis dan usaha anda memiliki website company profile perusahaan. Sehingga calon pelanggan bisnis anda tidak kesulitan mencari informasi seputar bisnis dan layanan anda di internet. Dengan adanya website maka kolega anda akan lebih mudah memberikan rekomendasi bisnis anda dengan cara membagikan alamat web bisnis anda di sosial media mereka. Oleh karena itu segera buat web bisnis anda. Atau hubungi jasa pembuatan website Bandung untuk memberikan layanan jasa web design berkualitas untuk company profile perusahaan anda.

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

3. Maksimalkan Media Sosial

Di era digital seperti sekarang ini, memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial untuk kampanye produk dinilai sangat efektif. Social media seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan Twitter bahkan dianggap sebagai media paling ampuh dalam menjalankan pemasaran. Kita bisa memasang iklan, membuat konten, dan mengadakan beberapa event guna menarik calon konsumen. 

4. Susun Jadwal Promosi dengan Tepat

Menyusun jadwal promosi produk harus dilakukan dengan tepat guna mengukur seberapa jauh langkah ini memenuhi target perencanaan, terutama untuk menaikkan omset penjualan, pengelolaan anggaran, dan ekspansi perusahaan.

Apabila ternyata tidak sesuai dengan rencana promosi, maka perusahaan harus mengevaluasinya kembali. 

5. Tingkatkan dan Perbaiki Pelayanan 

Cara kelima ini berkaitan dengan kepuasan konsumen baru serta loyalitas para pelanggan. Sebab, pelayanan termasuk bagian dari produk itu sendiri. Pelayanan yang senantiasa dikembangkan, di-upgrade, dan diperbaiki akan mampu mengikat konsumen baru dan pelanggan tetap. 

6. Tentukan Anggaran Marketing secara Sistematis 

Menyusun dan menetapkan anggaran sesuai kebutuhan juga bisa menjadi strategi pemasaran produk yang efektif. Anggaran tersebut bisa berisi mengenai anggaran operasional, promosi atau kampanye, penjualan, komparasi dengan kompetitor, dan sebagainya. 

7. Analisis Digital dan Online Marketing 

Nah, yang terakhir ini jauh lebih luas daripada poin ketiga. Digital atau Online Marketing bisa dilakukan dengan memaksimalkan konten, optimasi SEO & SERM, membayar jasa influencer, menggunakan email marketing, google bisnis, dan masih banyak lagi.

Jadi dari tujuh cara di atas, manakah yang sudah dilakukan atau masuk daftar perencanaanmu? Sebenarnya masih banyak cara atau strategi pemasaran yang sama efektifnya, sehingga kita harus lihai dalam membaca peluang serta mengikuti tren pasar, ya!

Kategori: Seputar Bisnis

error: Content is protected !!