Strategi Pertumbuhan Bisnis

A. Apa Itu Strategi Pertumbuhan Bisnis?

Strategi pertumbuhan bisnis merupakan sebuah rencana tindakan yang dirancang untuk membantu anda meningkatkan ukuran dan profitabilitas bisnis anda. Alasan anda membangun bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, bukan? Tetapi jika bisnis tidak menghasilkan keuntungan, anda tidak dapat memiliki bisnis untuk jangka waktu yang lama. Memastikan bahwa bisnis anda tumbuh adalah hal yang sangat penting.

Strategi pertumbuhan bisnis dapat melibatkan hal-hal seperti memperluas jangkauan pasar baru, menciptakan produk baru, dan mengeksplorasi cara baru untuk menemukan pelanggan. Strategi yang sukses akan mengharuskan bisnis memiliki visi yang sangat jelas tentang tujuan bisnis jangka panjang.

Untuk memperluas jangkauan pasar dari sebuah bisnis maka anda memerlukan portofolio digital yang berupa website company profile. Karena dengan adanya website company profile maka bisnis anda dapat diakses oleh para pengguna internet selama 24 jam non stop. Sehingga anda dapat dengan mudah memberikan informasi terbaru mengenai produk dan jasa anda di website tersebut. Jika bisnis anda belum mempunyai website maka segeralah untuk membuat website bisnis anda. Atau gunakan jasa pembuatan website profesional, terbaik, dan terpercaya di Indonesia untuk memberikan layanan design website perusahaan anda. Jasa pembuatan website.

Dan jika anda ingin menampilkan website bisnis anda di halaman 1 Google dengan cepat maka anda dapat menggunakan iklan google ads. Karena dengan iklan google ads maka web bisnis anda akan muncul kepada orang yang tepat. Yaitu orang yang sedang mencari bisnis dan layanan anda. Jangan sampai web kompetitor anda muncul lebih dulu di halaman 1 Google. Pastikan bisnis anda lebih dulu tayang di Google. Segera promosikan web bisnis anda di Google ads atau hubungi jasa iklan google ads profesional dan terbaik untuk menayangkan web bisnis anda di halaman 1 Google. jasa iklan google ads.

B. Mengapa Strategi Pertumbuhan Bisnis Penting?

Strategi pertumbuhan bisnis memastikan bahwa bisnis mampu beradaptasi dan merespons perubahan lingkungan dengan cepat. Pergeseran ekonomi, banyak hal berubah, dan anda harus mampu beradaptasi untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis anda. Dan strategi yang sukses akan membantu perusahaan tetap berada di depan persaingan dan tetap kompetitif di pasar. Ini juga akan membantunya mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang baru. Misalnya, ketika pasar sedang menuju ke bawah, masih ada peluang untuk tumbuh jika Anda dapat menemukan peluang tersebut dan tahu cara memanfaatkannya.

C. 4 Strategi Pertumbuhan Bisnis

1. Strategi Pertumbuhan Penetrasi Pasar

Nah, di sinilah Anda memperluas ke pasar yang sudah ada atau anda meningkatkan pangsa pasar Anda. Ini dapat melibatkan pengenalan produk atau layanan baru, meningkatkan visibilitas, atau meningkatkan layanan pelanggan Anda. Ini sering digunakan oleh bisnis yang sudah memiliki kehadiran yang kuat di pasar yang ada.

2. Strategi Pertumbuhan Ekspansi Pasar

Di sinilah Anda ingin memperluas ke pasar baru. Dalam strategi ini, Anda mungkin melihat wilayah geografis baru, mungkin meluncurkan produk dan layanan baru, dan memanfaatkan basis pelanggan Anda yang sudah ada. Sekarang, jenis strategi pertumbuhan ini digunakan untuk bisnis yang ingin memperluas basis pelanggan mereka dan menjangkau pasar baru yang saat ini belum mereka masuki.

3. Strategi Pertumbuhan Diversifikasi

Dalam strategi pertumbuhan diversifikasi, Anda memasukkan produk baru di pasar atau layanan. Strategi ini mungkin melibatkan pengenalan produk baru atau memanfaatkan hubungan pelanggan dan mitra Anda yang sudah ada untuk mendiversifikasi jenis orang yang Anda jangkau.

4. Strategi Pertumbuhan Pengembangan Produk

Di sinilah Anda mengembangkan atau memperkenalkan produk atau layanan baru. Jenis strategi ini biasanya melibatkan sedikit lebih banyak penelitian tentang kebutuhan pelanggan Anda, dan kemudian menciptakan produk dan layanan baru di sekitar itu dan meluncurkannya ke pasar. Ini digunakan oleh bisnis yang ingin memanfaatkan peluang baru untuk memperluas portofolio produk mereka.

D. Siapa yang Mendapatkan Manfaat dari Strategi Pertumbuhan Bisnis?

Sebenarnya, semua jenis bisnis yang berbeda bisa mendapatkan keuntungan dari strategi pertumbuhan. Apakah Anda bersedia meluangkan waktu untuk mengembangkan yang akan bekerja untuk Anda? Mari pelajari lebih dalam tiga jenis bisnis dan bagaimana mereka dapat memanfaatkan berbagai jenis strategi pertumbuhan untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

1. Startup

Apa saja hal yang dapat dilakukan startup untuk membantu tumbuh?

Strategi Pertumbuhan Organik. Ini memanfaatkan SEO, pemasaran konten, dan bahkan mungkin pemasaran influencer untuk membantu meningkatkan dan menarik pelanggan secara organik.

Jaringan. Startup juga dapat menggunakan jaringan, acara jaringan, dan kemitraan untuk membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Iklan berbayar juga bisa bermanfaat. Menggunakan PPC atau media sosial untuk mendapatkan eksposur juga dapat membantu saat Anda mencoba menarik lebih banyak pelanggan.

Ekspansi produk. Ini sederhana. Kami telah membicarakan hal ini sedikit sebelumnya, tetapi startup dapat menggunakannya untuk menambahkan produk atau fitur baru ke produk yang sudah ada untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan.

Pemasaran viral. Ini adalah sesuatu yang suka dimanfaatkan oleh para pemula menggunakan hal-hal seperti hadiah atau program rujukan untuk menyebarkan berita dan menarik lebih banyak pelanggan.

2. Usaha Kecil

Bagaimana dengan usaha kecil? Apa saja yang dapat dilakukan oleh usaha kecil?

Retensi pelanggan melalui SEO. Usaha kecil dapat melakukan SEO lokal, tetapi mereka juga dapat melihat bagaimana mereka dapat memperluas basis pelanggan mereka saat ini, mempertahankan pelanggan tersebut, dan menggunakan hubungan tersebut untuk tumbuh. Di sinilah Anda dapat membangun sesuatu seperti program loyalitas menggunakan CRM Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda untuk meningkatkan loyalitas.

Anda dapat melakukan program rujukan. Sekali lagi, ini terkadang sangat mirip dengan retensi pelanggan. Program rujukan adalah tempat Anda mendorong pelanggan untuk merujuk teman dan keluarga mereka.

Iklan berbayar juga dapat bekerja dengan sangat baik untuk bisnis kecil, menggunakan hal-hal seperti PPC dan media sosial, dan Google bahkan memperluasnya ke paket lokal dengan iklan.

Anda dapat melakukan perluasan produk. Dengan menambahkan produk dan layanan baru, Anda dapat menarik klien baru yang mungkin belum pernah menggunakan produk dan layanan asli Anda.

Jaringan. Bekerja sama dengan bisnis lokal lainnya, membangun koneksi, menghadiri acara lokal, dan membangun kemitraan adalah sesuatu yang luar biasa sehingga Anda dapat memanfaatkan basis pelanggan satu sama lain.

3. Korporasi

Dan bagaimana dengan korporasi, bisnis yang lebih besar? Apa saja hal-hal yang dapat mereka lakukan?

Ekspansi pasar. Ini adalah apakah Anda dapat memasuki pasar atau wilayah baru dengan meluncurkan produk atau layanan untuk meningkatkan basis pelanggan atau pendapatan Anda.

Anda juga dapat melakukan hal-hal seperti merger dan akuisisi. Menemukan bisnis yang melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan atau memiliki produk yang Anda inginkan dan mengakuisisi bisnis tersebut.

Iklan berbayar masih merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat. Memanfaatkan PPC, atau iklan media sosial.

Ekspansi produk adalah sesuatu yang cukup sering terjadi dalam bisnis perusahaan, dan seringkali mereka melakukannya melalui merger dan akuisisi.

Dan terakhir, jaringan tetap penting. Saya mengatakan ini sepanjang waktu dengan klien kami, pelanggan kami, dan tim kami, orang suka berbisnis dengan orang. Ketika Anda dapat membangun kemitraan dengan cara yang strategis, itu dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

E. Memilih Mitra yang Tepat untuk Sukses Pertumbuhan Bisnis

Ini penting saat Anda membangun strategi pertumbuhan bisnis dan Anda bermitra dengan jasa digital marketing untuk membantu Anda mengembangkannya atau bermitra selama Anda memilih mitra yang tepat. Ada lima hal yang perlu Anda cermati saat memilih mitra pertumbuhan bisnis.

Kompatibilitas. Anda perlu memastikan bahwa orang yang bekerja dengan Anda berbagi tujuan, nilai, dan strategi yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda tidak ingin memiliki misalignment di sini. Jika Anda memiliki misalignment di sini, tidak ada lagi yang akan berhasil.

Sumber daya. Pertimbangkan sumber daya yang dapat dibawa mitra ke meja dan bagaimana hal itu akan membantu bisnis Anda tumbuh.

Visi bersama. Sekali lagi, pastikan mitra berbagi visi Anda untuk masa depan dan berkomitmen untuk membantu Anda mencapainya. Mereka harus sejalan dengan visi yang telah Anda tetapkan. Ketika Anda mencoba untuk pergi ke dua arah yang berbeda, biasanya tidak berakhir dengan baik.

Kepercayaan. Anda ingin dapat mengetahui bahwa orang yang bekerja dengan Anda akan menindaklanjuti dan melakukan hal-hal yang telah mereka lakukan.

Komunikasi. Anda harus memiliki komunikasi yang jujur antara Anda dan pasangan untuk memastikan bahwa semua orang berada di halaman yang sama, dan bahwa Anda dapat menyelesaikan berbagai hal dengan cara yang efektif.

Kategori: Seputar Bisnis

error: Content is protected !!