Tips Memasarkan Produk

Memasarkan produk menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi tim marketing. Nilai jual sebuah produk berada di tangan marketing. Marketing dituntut selalu berfikir kreatif, inovatif dan up to date. Lalu bagaimana cara memasarkan produk dengan baik? 

Faktor Penentu Kesuksesan Pemasaran Sebuah Produk

Tips memasarkan produk yang baik adalah dengan memperhatikan faktor penentu suksesnya pemasaran suatu produk.

1. Ide Yang Original

Adanya ide yang selalu baru menjadi penentu bahwa sebuah promosi produk akan berhasil. Ide yang berkaitan dengan bagaimana menonjolkan keunggulan dan keunikan produk haruslah orisinil. Selain itu, bagaimana menyampaikan informasi tersebut kepada customer juga penting. Konsep yang menarik akan menarik perhatian lebih banyak customer.

2. Strategi Yang Tepat

Strategi pemasaran meliputi penentuan media pemasaran, pembuatan konten dan timing pemasaran. Media pemasaran berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pemasaran dan juga target pemasaran itu sendiri. 

Konten yang menarik akan lebih cepat dilihat oleh target pemasaran. Apalagi dengan bantuan sosial media sebuah konten bisa sangat cepat tersebar menjangkau target yang lebih luas. Timing pemasaran juga penting dalam menjangkau anime target pemasaran. Moment-moment tertentu biasanya dimanfaatkan tim marketing untuk mencapai target promosi.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website Jogja.

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google certified Google Partner untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

3. Tim Yang Solid

Suatu tim yang solid dibutuhkan untuk saling bekerja keras dan berkomitmen satu sama lain dalam mewujudkan tercapainya tujuan promosi. Tim yang solid tidak pantang menyerah dan selalu memback up satu sama lain agar perencanaan yang tepat juga diikuti dengan implementasi yang tepat.

Langkah-langkah Memasarkan Produk

Untuk dapat melakukan pemasaran secara optimal, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Menentukan Target Pemasaran

Cara tepat memasarkan produk adalah dengan menentukan terlebih dahulu target pemasarannya. Target pemasaran itu banyak sekali jenisnya, antara lain meningkatkan penjualan, promosi event untuk menarik masa sebanyak-banyaknya dan masih banyak lagi. Masing-masing target ini menjadi tujuan utama dari tim marketing dalam melakukan langkah selanjutnya. Dan anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing untuk mengonlinekan bisnis anda di internet.

2. Melakukan Perencanaan Pemasaran

Tips memasarkan produk selanjutnya yaitu dengan membuat perencanaan pemasaran. Perencanaan yang tepat meliputi penentuan ide promosi, melakukan analisis SWOT, menentukan anggaran promosi, menentukan konten promosi dan media yang dipilih untuk promosi. Semua perencanaan tersebut sebaiknya dimasukan dalam timeline agar eksekusi pemasaran memiliki pedoman yang tepat. Selanjutnya penentuan jobdesk tim juga sangat penting. Bagaimana SOP mereka dalam bekerja juga perlu ditentukan agar mereka bisa menyelesaikan target yang ingin dicapai.

3. Implementasi Sesuai Rencana

Eksekusi adalah penentu utama kesuksesan pemasaran produk. Masing-masing dari tim akan mengeluarkan performa terbaik dalam menjalan jobdesk yang telah ditentukan dan harus sesuai dengan pedoman timeline. 

Perlu dilakukan meeting secara rutin untuk memantau setiap perkembangan dari pemasaran, termasuk mengetahui kendala apa yang dihadapi masing-masing anggota tim agar segera dapat dilakukan tindakan. 

Kategori: Seputar Bisnis

error: Content is protected !!