Strategi Marketing Produk

Keberhasilan seorang pelaku usaha ditentukan oleh banyak faktor, salah satu faktor utama yaitu pemasaran produk. Ini dikarenakan ketepatan strategi pemasaran dapat mempengaruhi perluasan target pasar yang ingin dicapai. Dalam hal ini, pemahaman akan strategi pemasaran akan mengarahkan pelaku usaha pada penggunaan strategi marketing produk yang paling sesuai. Karena itu, kali ini akan dibahas tentang pengertian dan macam-macam cara pemasaran yang bisa diterapkan guna mendukung kesuksesan penjualan produk.

Strategi atau metode pemasaran diartikan sebagai cara pelaku usaha untuk dapat bertahan. Atau bahkan mendominasi pasar di tengah-tengah persaingan yang ketat. Tentunya metode yang dipakai harus mendukung adanya persaingan yang sehat di kalangan pengusaha. Selain itu juga berfungsi untuk mengawasi dan mengatur kegiatan pemasaran. Agar langkah yang diambil perusahaan dalam mencapai tujuannya menjadi lebih jelas.

Supaya lebih paham, berikut adalah 5 macam strategi pemasaran yang biasa dikenal di pasaran!

1. Strategi marketing melalui iklan berbayar

Pemasaran produk bisa anda lakukan dengan cara membayar perusahaan penyedia ruang iklan untuk menayangkan produk pada televisi maupun website penyedia layanan video dengan metode pembayaran yang bermacam-macam.

Pada umumnya cara pembayaran tergantung pada jumlah viewers atau impressions, bentuk iklan display gambar atau video, maupun banner pada halaman website.  

Jangan lupa untuk mengiklankan web bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google dan partner Google. Karena dengan pasang iklan di Google maka jangkauan promosi web bisnis anda akan semakin luas. Web bisnis anda akan muncul di halaman 1 Google ketika ada yang mencarinya. Yaitu orang yang membutuhkan bisnis dan jasa anda. Segera pasang iklan di halaman 1 hasil pencarian Google. Atau hubungi jasa iklan google untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google. Kontak jasa iklan google sekarang juga.

2. Strategi marketing transaksional

Dengan strategi pemasaran transaksional, perusahaan menawarkan keuntungan kepada pelanggan yang membeli produk pada jumlah tertentu. Baik itu berupa bonus, potongan harga, kupon, dan lain-lain. Strategi ini diketahui efektif untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk dengan jumlah banyak.

3. Strategi marketing melalui media sosial

Metode ini dianggap efektif karena pengguna sosial media yang jumlahnya mencapai jutaan dapat membuat produk mencapai target pasar yang lebih luas. Sehingga bisa diketahui banyak orang. Berbagai sumber juga menjelaskan bahwa harganya juga lebih terjangkau jika dibanding dengan media pemasaran digital lainnya.

4. Strategi marketing interaktif

Di sini perusahaan melibatkan pelanggan secara langsung dalam upaya pemasaran. Oleh karena itu produk yang anda tawarkan harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut. Supaya bisa berjalan dengan lancar maka anda harus melakukan komunikasi dua arah yang baik. Yaitu antara pelanggan dan pelaku usaha sehingga tujuan pemasaran dapat tercapai. Pemasaran dapat diterapkan melalui kuis, video atau gambar interaktif, maupun kustomisasi produk.

5. Strategi marketing konten

Marketing konten berfokus pada tersedianya informasi mengenai produk yang dapat menarik minat pelanggan untuk membeli. Karena itu, informasi yang disediakan harus konsisten dan bermakna. Jika perusahaan dapat menampilkan nilai berharga dari produk mereka, maka hal ini juga bisa berdampak pada nilai jual produknya.

Penerapan metode marketing tentu akan berbeda untuk masing-masing pelaku usaha. Di atas hanya 5 strategi pemasaran produk yang bisa anda jadikan referensi. Masih ada banyak yang bisa anda cari dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

error: Content is protected !!